KUCINGKU PERUTNYA SEMAKIN HARI SEMAKIN BESAR, LEMAS DAN DIARE

Mungkinkah ada indikasi arahan ke penyakit ini?

Yukss, coba disimak Pet Lovers!

Apa itu FIPV?

Penyakit yang disebabkan oleh   Feline Corona Virus (FCoV) Virus RNA yang bisa bermutasi  dari Feline Enteric Corona Virus (FECV)  menjadi  Feline Infection Peritonitis Virus (FIPV)  menyerang kitten usia dibawah 1 tahun. FECV menyerang epititel usus sehingga biasanya dikeluarkan melalui kotoran, air liur ditempat pakan, pasir pada litter box dan sekresi cairan  lainya, namun biasanya kucing tidak terlihat sakit.

Sedangkan FIPV ada dua tipe yaitu basah dan kering.

  1. Tipe basa; lebih ganas 60-70% dapat dilihat dengan penumpukan cairan di rongga perut, berwarna kuning pekat
  2. Tipe kering; gejalanya tidak nampak, akan menyerang bila kekebalan tubuh menurun . carier atau dapat diturunkan dari induk

Seberapa besar resiko untuk terkena FIPV?

80-90% pada populasi shelter

30-40 % kucing rumahan dan 12% kucing luar.

Kapan bisa terjadi mutasi FECV ke FIPV?

Jika kita mempunyai -+ 6 ekor kucing dalam satu rumah, atau  dalam 1 kandang terdapat 2-3 ekor kucing, lalu kita beri pakan ditempat yang sama, air minum, dan memakai litter box bersamaan. Inilah penyebab utamanya.

Gejala seperti apa yang sering muncul?

Demam naik-turun, tidak mau makan, feses cair dan lembek,hipersalivasi, nasal discharge,  terjadi kesulitan bernafas, semakin hari mmembesar sehingga mendesak paru-paru, bisa menyebabkan preular infusion bahkan hal ini yang bisa menyebabkan muntah darah.

Pencegahan dan pengobatan seperti apa?

Manajemen lingkungan,tempat pakan, minum, dan litter box. Idealnya adalah satu kadang untuk  satu ekor kucing. Untuk pengobatan disesuaikan dengan gejala klinis umumnya bersifat meringankan tapi tidak menyembuhkan, pemberian antibiotic. Antimuntah, antivirus, supplement.

Apa bisa sembuh?

99% tidak dapat disembuhkan hanya meringkankan.Untuk itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selalu Konsultasikan Ke Dokter Hewan Pribadi Anda

Leave a Comment