PENTINGNYA PEMBERIAN OBAT CACING

Penyakit zoonosis yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau dari manusia ke hewan, bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Golongan parasit salah satunya adalah cacing.  Cacing dapat menyerang Pet, manusia sebagai Pet Owner ataupun manusia yang tidak memiliki hewan peliharaan.  Jenis cacing diantaranya adalah roundworm, whipworm, hookworm, tapeworm, heartworm.

Beberapa obat cacing menambahkan bahan yang efektif untuk membunuh Intesinalworm dan heartworm. Obat cacing tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, garnula, kunyah, cairan, dan topical. Tetapi untuk jenis cacing Heartworm atau cacing jantung lakukanlah pencegahan dengan mengontrol kutu dan nyamuk.

Pada hewan kesayangan puppies dan kitten dilahirkan memiliki cacing sejak dini, cacing tersebut diperoleh dari indukan memalui transplasental/plasenta dan melalui air susu. Sedangkan Induk dapat memperoleh cacing dari telur yang tinggal ditanah selama bertahun-tahun atau dari tumpukan feses yang ada di litter box.

Gejala cacingan pada Pet sering ditandai dengan anemia, kekurangan gizi, rambut kering, kusam dan kasar, perut bengkak, ada leleran pada mata, diare, terjadi penurunan berat badan dan kadang-kadang disertai dengan mati mendadak.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Lakukan pemberian obat cacing sedini mungkin dan rutin

Pemberian obat cacing dimulai minggu ke-2 karena silkus hidup cacing nematode  akan matang pada minggu ke-3

  1. Puppies dimulai setiap 2 minggu, sejak usia 2 minggu sampai 3 bulan, lalu dilanjutkan setiap bulan sampai usia 6 bulan.
  2. Kittens dimulai setiap 3 minggu, sejak usia 6 minggu sampai 3 bulan, lalu dilanjutkan setiap bulan sampai usia 6 bulan
  3. Anjing dan kucing yang diadopsi dari luar, atau tanpa riwayat indukan yang jelas, hal yang pertama kali di lakukan adalah pemberian obat cacing dengan frekuensi 2x lebih cepat dari interval 2 minggu
  4. Anjing dan kucing dewasa tiap 3 bulan sekali

Untuk pemilihan obat cacing yang tepat selalu konsultasikan dengan Dokter Hewan pribadi anda

Leave a Comment